MASIGNASUKAv102
6861843026328741944

SAMBAT ITU MEMANG NIKMAT

SAMBAT ITU MEMANG NIKMAT
Add Comments
2024-09-06

Perbanyaklah mensyukuri nikmat hingga lupa caranya sambat. Begitu yang saya baca di buku Panggil Aku Bu Guru karangan Nur Chabibah Umaroh. Kalimat itu rasanya sangat menyentil. Sebab sambat alias mengeluh itu memang nikmat. Apalagi jika ditemani dengan secangkir gosip dan cemilan perbandingan. Uaah… rasanya lega dan puas. Betul tidak? Hehehe… 



Padahal dibalik sambat yang kita lakukan, masih ada banyak hal yang perlu kita syukuri. Contoh, saat kita mengendarai kendaraan di tengah teriknya matahari tiba-tiba muncul penjual es yang menyorongkan dagangannya ke arah kita. Walaupun saat itu kita tidak bisa membeli setidaknya melihat sesuatu yang segar bisa membuat hati yang panas kembali dingin dan bersyukur, hehehe…

Bersyukur karena kita bisa melihat kesegaran es, bersyukur karena kita masih bisa merasakan teriknya panas, bersyukur karena masih ada yang menyapa walaupun sekedar menawarkan dagangan, dan masih banyak nikmat-nikmat kecil lain yang kadangkala terlupakan untuk disyukuri. Tenang, anda tidak sendiri, saya pun masih sering lupa, hihihi.

Dalam islam, Allah memiliki 99 nama dalam asmaul husna. Nama-nama tersebut merupakan nama kebesaran Allah beserta sifat-sifatnya. Tidak mungkin semuanya diterapkan bersama-sama kepada kita dalam satu masa dan satu waktu. Maka sudah sewajarnya kehidupan kita selang-seling mengikuti apa yang Allah berikan.

Hari ini, mungkin Allah menunjukkan maha pemurahnya. Besok bisa jadi menunjukkan maha kuasanya. Dan lusa kita tiba-tiba melihat keadilanNya yang mutlak. Semuanya mungkin, sebab hidup tidak hanya berisi duka melainkan juga dihiasi tawa dan bahagia pada tempatnya.

Jadi, mari kita bersambat sambil bersyukur agar nikmat hidup yang diterima semakin membuat kita sadar sebagai manusia. Manusia yang sering lupa terhadap nikmat dan kebahagiaan yang sudah purna. Semoga suatu hari kita bisa menjadi manusia-manusia yang mampu menikmati hidup tanpa sambat. Aaamiin.

 

 

Qudsi Falkhi

Teacher who loves books and traveling, contact me --> falkhi@gmail.com